Translate this blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Thailand Vietnam Czech

Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ---------------- Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ----------------Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online

Saturday, June 16, 2012

Mengatasi hacking Facebook


Beberapa bulan yang lalu, ada seorang trainer yang tiba-tiba beralih profesi menajdi seorang penjual barang elektronik murah bangetsss. Sampe sampe, saya sebenarnya ngiler juga untuk membelinya. Bayangpun, sebuah macbook pro baru hanya berharga 3 jutaan. Karena yang jual adalah seorang trainer, siapa yang gak percaya coba. Dan katanya, dia punya temen orang penting di bagian bea dan cukai, sehingga bisa mendapat harga yang murah.
sumber www.thedrum.co.uk
 Selidik punya selidik, ternyata facebook trainer tersebut telah diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Alhamdulillah belum jadi beli. Pasalnya di Fb tersebut juga di tampilkan resi pengiriman barang JNE, jadi kan kayaknya lakuuuu banget dan aseli.
Setelah tanya ke paranormal, dalam hal ini saya bertanya ke ki joko gOOgle.hihihi. Ternyata sebelum akun Fb terbajak, yang punya FB chat dengan teman sesama trainer (yg ternyata sudah di hack duluan). Teman tersebut memberikan sebuah link tentang video yang bikin si Trainer penasaran, dan di kliklah link tersebut, dan keesokan harinya, si Trainer sudah tidak bisa membuka akun FB nya.
Setelah peristiwa tersebut, kebetulan saya bergabung di grup FB hacker community yang mempunyai slogan “hacker solve the problem, not make it worse!” yang telah diagendakan adanya kuliah online. Kebetulan yang di bahaas adalah tentang perbajakan FB. Berikut rangkumannya ;)
kita bisa di hack melalui beberapa jalan, yaitu :
  1. Phising / hijacking
    cara ini biasanya dilakukan hacker melalui suatu kode pemrograman web. Yang jika kita akses alamatnya, maka si hacker bisa mengetahui akun dan password yang kita miliki. Hal ini seperti yang terjadi pada trainer yang telah saya sebutkan di atas. Dalam link video yang diberikan dalam chating tersebut, link tersebut sebenarnya palsu, atau kalaupun tidak palsu, halaman web tersebut telah dimodifikasi dengan disisipi sebuah bahasa pemrograman (skrip) untuk bisa mengambil akun kita dan password. Bahasa kerennya, skrip tersebut bisa mengambil session id.
  2. Sniffing
    teknik ini digunakan melalui suatu koneksi dalam 1 jaringan, misalnya di warnet atau pengguna sinyal WIFI. Dalam hal ini, si hacker menggunakan sebuah tool / software yang bisa merekam semua aktivitas per-internetan kita, termasuk bisa menjaring username dan password akun faceboook kita. Bahkan pernah membaca suatu artikel, di warnet ada yang sengaja di pasangi alat khusus untuk melakukan tindakan jahat ini. Teknik ini mengambil cookies pada browser yang kita jalankan, jadi semacam file/data sementara yang tersimpan dalam komputer yang kita gunakan. Jadi berhati-hatilah!!!
  3. Tebak-tebakan
    teknik ini juga bisa dilakukan untuk mengobrak-abrik akun facebook anda. Menebak apa emangnya? Yaitu menebak security question. Security question ini diberlakukan jika kita lupa password. Dalam hal ini, si hacker pura-pura lupa, sehingga terdapat pilihan security question. Jika Anda dulu membuat jawaban atas security question-nya standar, maka tidak heran, akun Fb anda mudah di hack.
sumber mediaimages.boxedart.com

Terus, bagaimana dong biar FB kita aman??
nah, ada beebrapa langkah yang bisa teman-teman lakukan. Berikut ulasannya :
  • bikin password alay. Yah, sekali-kali, alay memang diperlukan. Semakin alay password yang kita miliki, semakin susah hacker untuk mengetahui password kita. Dalam hal ini kita bisa menambahkan karakter berupa angka dan tanda baca, jadi jangan huruf aja, itu sangat mudah di bobol.
  • jawaban security quetion tidak wajar. Ketika anda membuat jawaban security question, jawablah jawaban tersebut dengan tidak wajar. Misalnya Anda membuat pertanyaan “Dimana Anda dilahirkan”,maka jawablah “bukan di akhirat”, jika anda menjawab nama kota anda dilahirkan, maka akan sangat mudah ketebak bukan ;)
  • mengaktifkan login notification dg no HP. Dengan fitur ini, maka anda bisa tahu, jika ada yang mencoba-coba login ke akun Anda, dan jika anda tidak merasa login ke Fb, maka segeralah ganti password Fb anda.
  • mengaktifkan https browsing. Fitur ini menyebabakan para hacker membutuhkan waktu lebih lama, atau bahkan sangat lama. Dengan https ini, maka akun dan pass kita akan di enkripsi, atau gampangnya di ubah menjadi bahsa sangat alay. Misalnya nama akun joni, nanti akan terenkrispi menjadi 91010ab2791f95fcd50d52d8b32f5c756438c411. Nah kan, pasti mampus tuh hakcer.hahaha
ok, sampai disini dulu. Semoga bermanfaat. Oya, perlu diketahui, yang namanya hacker ada yang baik ada yang jahat lho. Kalo yang baik, dia biasa bekerja sebagai pengetes keamanan jaringan (pentester) kalo yang jahat yang yang nyuri-nyuri akun dan duit dan lain-lai nyang bukan haknya. Pengen tau lebih jauh tentang hacker. Bisa gabung di grup FB http://www.facebook.com/groups/admin.hc/.

0 komentar:

Post a Comment

silahkan isi komentarnya ya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes