Translate this blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Thailand Vietnam Czech

Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ---------------- Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ----------------Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online

Thursday, March 22, 2012

menjadwalkan shutdown komputer

Sebagai pengguna komputer yang bijak, kita harus memahami perasaan komputer yang kita gunakan.hehehe. soalnya, jika kita tidak baik kepada computer kita, nanti computer kita bisa ngambek lho, dan bisa gak mau kerjasama. Misalnya saja ketika kita terlalu lama menggunakan computer dan tidak dimatikan. Maka nanti computer bisa kepanasan dan bisa merusak komponen dalam computer, walaupun sebenarnya di dalam computer terdapat kipas pendingin, tapi jika kita menggunakanya kurang bijak, sesuatu yang buruk juga bisa terjadi. :D

memanfaatkan program "scheduled task"

hal ini sering saya alami ketika sedang mendowload file, sedangkan saya sudah ngantuk, tapi karena downloadan tidak bisa di pause, jadi mau tidak mau harus di tunggu harus selesai. Karena mata sudah tidak kuat, akhirnya terkapar di depan computer sampai pagi dan computer masih menyala. Mungkin anda juga pernah memiliki pengalaman berlembur ria dengan computer dan akhirnya ketiduran dan tidak sempat mematikan computer sehingga semalaman, computer Anda melototin Anda tidur?

Jika ini sering Anda alami, maka sebaiknya Anda mempunyai program shutdown otomatis yang terjadwal. Misalnya setiap jam 12 malam, computer harus mati. Sehingga ketika kita tertidur, computer ikutan tidur jam 12 malam. Anda bisa melakukan ini dengan mencari software autoshutdown. Tapi di sini, saya akan berbagi supaya Anda bisa membuat cara shutdown sendiri.

Anda bisa menggunakan program bawaan windows yang bernama command promt (cmd). Klik “start”, pilih “run”, dan ketik “cmd” lalu tekan “enter”. Lalu untuk perintah shutdown lewat cmd anda bisa ketikkan

shutdown -s -t 01 (arti : -s = shutdown ; -t = waktu untuk shutdown dalam sekon)

anda juga bisa menambahkan atribut lain, seperti –r (restart), -l (log off), -a (membatalkan shutdown), -f (langsung shutdown tanpa memperdulikan aplikasi yang sedang berjalan)

nah, bagaimana membuatnya menjadi otomatis (misalnya jam 24.00). kita akan memanfaatkan menu scheduled task (di control panel) dan membuat bahasa pemrograman cmd ini menjadi file .bat.
save as file sebagai .bat

ketikkan perintah tadi (shutdown -s -t 01) dalam notepad, kemudian pilih menu file > save as, kemudian di baris “save as type” pilih “all files”,dan di baris file name, tulislah shutdown.bat (nama shutdown bisa diganti terserah Anda. Harus pakai “.bat” dibelakangnya).







Pergi ke control panel, pilih “scheduled tasks” > “add scheduled task”. Kemudian pilih “next” dan klik “browse”, 
 
kemudian cari file .bat yang sudab Anda buat tadi, klik “open”. Kemudian namai program terjadwal ini, misalnya “shutdown otomatis”, lalu pilih daily (tiap hari), dan klik “next”. Lalu atur jam kapan file ini (shutdown.bat) akan dijalankan. Misalnya mau shutdown jam 24.00 berarti kita rubah jam jadi jam 24.00 (12.01 am). Klik next dan tulislah username dan password login computer (jika tidak ada anda harus membuat password computer Anda dulu), lalu klik next dan finish. 


tampilan shutdown berhasil (07 detik)
Kalau mau di coba dulu, Anda bisa rubah jam menjadi 5 menit setelah anda membuat program shutdown terjadwal ini. Jika kesusahan membuat file shutdown.bat. bisa di download disini. Semoga bermanfaat. ;)

8 komentar:

Dilema Kenaikan Harga BBM said...

Wah, nice info gan, salam kenal. berkunjung dan berkomentar juga ya di blog ane..

be9ino said...

sipp.. siapp!!

Unknown said...

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

be9ino said...

oke oke oke.. ;) terimakasih sudah berkenan berkunjung :D

dylan said...

gAN, klo mw balikin lgi sperti smula gmana? jdinya tyap hri gw mati lgi?

be9ino said...

pergi ke control panel > scheduled task > terus hapus aja nama task nya ;)

heri said...

terima kasih infonya

be9ino said...

sipp... sama sama mas heri

Post a Comment

silahkan isi komentarnya ya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes