Translate this blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Thailand Vietnam Czech

Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ---------------- Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ----------------Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online

Friday, June 14, 2013

Mengamankan Android

Sudah menjadi takdir, bahwa ada dua sisi yang berbeda, ada yang baik ada yang jahat, ada yang jelek, ada yang ganteng, ada yang smart, ada yang kurang smart, ada kaya, ada miskin,dll, dan kedua sisi ini tidak akan pernah hilang sampai hari kiamat. Apa hubunganya dengan Android?hehe.

Sebuah HP / Gadget mempunyai dua hal penting yang harus kita amankan. Pertama adalah dari sisi software. Seperti yang kita tahu, jika di computer ada istilah virus, malware, dll yang bisa merusak system. Dan yang kedua adalah dari sisi hardware, yaitu ada yang mencuri HP / Gadget (ahahah).

sumber : androidauthority.com

Istilah virus sebenarnya hanya di kenal di dunia wind**s (menurut saya loh ya), mungkin para programmer atau pemakainya geram dengan mahalnya software-software yang nempel di OS tersebut, bahkan OS nya sendiri mahal(hihihi), virus ini datang tanpa kita minta, tau-tau merusak system. Maka untuk mencegah kerusakan ini, harus ditangkal dengan antivirus (yg juga berbayar), kata pepatah, sedia paying sebelum hujan. Dari pada kita repot-repot install ulang, mending di cegah aja. Bagaimana jika di OS lain seperti linux? Selama saya memakai linux selama kurang lebih 5 tahun, tidak ada virus yang nempel, kayaknya karena linux yang saya pakai gratis deh.hehehe

Terus, bagaimana dengan HP Android kita?

HP kita mempunyai system seperti linux tadi, sehingga kemungkinan besar tidak akan terserang virus, kecuali malware. Apa itu malware? Malware adalah aplikasi yang sengaja dibuat oleh  programmer untuk merusak system atau mengambil data-data penting dari si pengguna. Jika kita mengisntall aplikasi yang sebenarnya malware, maka ada kemungkinan sistem android menjadi tidak stabil bahkan rusak. Tapi sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk mencegahnya, yaitu installah aplikasi dari tempat terpercaya seperti google play. Karena di sana sudah disyaratkan standar khusus untuk bisa mengupload aplikasi ke google play, selain itu jika kemudian hari aplikasi yang sudah kita install ternyata malware, google bisa secara remote meng-uninstal aplikasi kita dari HP android. Jadi pastikan Anda menginstall aplikasi dari tempat terpercaya ;). kalau Anda tidak mengisntall dari tempat terpercaya ya siap-siap saja hadapi resiko yang ada ;)

Jadi, menurut Anda perlukah Antivirus di Android?


sumber : dokisoft.com

Kedua adalah masalah hardware. Bagaimana cara mengamankan HP / gadget kita dari maling? Tenang saja, semua masalah terselesaikan di google play. Ternyata ada software yang bisa kita gunakan untuk mengantisipasi hilangnya gadget kita. Software yang saya temukan ada banyak, tapi pilihan saya jatuh ke:

1. Don’t touch my droid
Seperti yang di lansir play store, software ini berfungsi untuk mencegah terjadinya pencurian, karena setelah aplikasi ini diaktifkan, ketika gadget di geser maka gadget akan membunyikan alarm yang akan mengagetkan yang menggeser gadget kita. Dengan dasar hal tersebut (geser – bunyi) maka aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk hal yang lain, seperti. Mencegah kemalingan tas dengan cara memasukkan gadget ke dalam tas, ketika tas di geser, gadget akan bunyi. Alarm ketika ada orang masuk kamar, taruh gadget nempel pintu, ketika ada yang buka pintu, bunyi deh tuh gadget, yang lain silahkan berkreasi sendiri ;)


2.  Android lost
Ini adalah software yang menurut saya cukup keren. Software ini bermanfaat untuk :
a.       mengetahui keberadaan gadget jika kita lupa naruh dalam rumah / dalam ruangan
b.      mengetahui keberadaan gadget jika kemalingan berdasarkan lokasi GPS
c.       bisa membaca sms via web
d.      kirim sms dari web (melalui nomer kita)
e.      bisa membaca kontak
f.        mengunci telepon jarak jauh dengan kode pin
g.       wipe > menghapus sms, kontak, setting google
h.      mengirim pesan ke gadget
i.         forward panggilan
j.        membaca status
k.       menghapus kartu memori (SD Card)
l.         melihat riwayat panggilan
m.    mengambil gambar jarak jauh
n.      bisa menyuarakan tulisan yang di kirim ke hp
o.      dan laen laen masih banyak lagi. Baca sendiri di web nya yah..hehehe

fitur yang saya sukai dari software ini:
a.       bisa menghidupkan data, wifi, gps via web atau melalui kode sms
b.      bisa memotret jarak jauh
c.       mengunci telepon jarak jauh,
d.      bisa mengendalaikan via sms atau website
e.      melacak posisi HP  dll..

jadi, seandainya gadget kita hilang, kita tetap bisa menemukan dimana hp kita berada, bisa menyusahkan si pencuri untuk memakai gadget, biar kapok tuh pencuri gak nyuri hp android lagi ;) 

0 komentar:

Post a Comment

silahkan isi komentarnya ya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes