Translate this blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Thailand Vietnam Czech

Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ---------------- Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ----------------Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online

Sunday, April 29, 2012

telur ajaib


Posting bulan ramadhan tahun kemarin, saya menuliskan tentang pohon cabai ajaib yang tumbuh dari sela-sela batu bata. Kalo belum baca, silahkan BACA DISINI. Mudik kali ini (dalam rangka liburan UN) saya menemukan sesuatu yang ajaib [lagi] di sekitar rumah. Kali ini bukan dari dunia tumbuh-tumbuhan, tetapi dari fauna khususnya aves (sok biologi banget).

Ketika pulang ke rumah, ternyata belum lama sebelum saya pulang, ibu saya dikejutkan oleh sebuah telur. Ibu saya memang memelihara ayam dan bebek dan kesemuanya Alhamdulillah sudah mengalami reproduksi dengan baik. Seperti biasa ketika seekor ayam akan bertelur, ibu akan mengurungnya (supaya si ayam lebih konsen untuk bertelur.xixixi) dimana di bagian bawah sudah disediakan sarang buatan dari damen (pohon padi yang sudah kering ) untuk meletakkan telur-telur yang akan ditetaskan, walau kadang diambil beberapa biji untuk dikonsumsi.:D. pada hari itu terdapat kejadian yang mengejutkan, biasanya seekor ayam yang bertelur setelah dikurung, dia membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mengeluarkan telurnya, tapi hari itu si ayam sudah menyelesaikan tugasnya kurang dari 30 menit dengan memberi tanda bunyi “petok petok” (alarm umum jika ayam baru saja bertelur). Kemudian ibupun membuka kurungan si ayam dan membiarkannya keluar untuk mencari makan. Ketika dilihat di sarang buatan, ternyata ada telur yang aneh yang sebelumnya tidak ada. 
si telur ajaib

Telur aneh ini berukuran kecil,tidak seperti telur ayam pada umumnya, bahkan ukuranya seperti telur puyuh, tetapi ini tidak berwarna warni, polos karena memang ditelurkan dari ayam. Karena aneh, maka telur ini diamankan di kulkas dan ditunjukkan ke saya ketika saya mudik. Setelah saya amati dengan penerawangan senter, ternyata di dalam telur tersebut tidak terdapat kuning telur (karena belum di pecah telurnya). jika hal ini dijelaskan secara biologi, bisa jadi dikarenakan adanya proses pembuahan sel sperma dengan sel telur ayam yang tidak sempurna, sehingga menyebabkan si telur tidak seperti telur pada umumnya. Hal ini juga bisa disebabkan karena proses pembuahan tidak dilakukan pada masa subur, ya wajar saja, karena si ayam tidak bisa menghitung masa subur mereka.xixixi.

telur ayam | telur bebek | telur ajaib


0 komentar:

Post a Comment

silahkan isi komentarnya ya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes