Translate this blog
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified Thailand Vietnam Czech

Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ---------------- Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online ----------------Wirausaha 0 Rupiah ---------------- Kontak Jodoh Online

Monday, November 28, 2011

Widget Translator

Blogging, adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, kita bisa berbagi pengalaman dan bertukar ilmu melalui blog yang kita buat. Dengan blog ini, ada beberapa teman yang menjadikanya sebagai ajang mencari uang secara online, percaya tidak percaya tapi sudah banyak buktinya (belum termasuk saya).

Tapi aktivitas blogging ini bisa menajdi masalah. Kenapa?? Karena informasi yang kita tulis dan pengalaman yang ingin kita bagikan tidak dapat dipahami oleh orang yang membaca tulisan kita. Terlebih lagi jika yang membaca adalah orang asing. Padahal kita kurang cakap berbahasa asing. Ini bisa menjadi masalah besar. Kalaupun kita bisa berbahasa asing, kita akan repot sekali menulis artikel dalam berbagai bahasa, selain itu akan memenuhi hosting Anda.

Trus bagaimana caranya?? Yep. Tepat sekali, widget adalah jawaban yang tepat. Tapi berdasarkan pengalaman saya, setelah di cari dengan meng-klik “add widget” memang ditemukan widget tersebut, tapi ternyata “This gadget has errors, and cannot be used until fixed” alias tidak bisa dipakai. Terus gimana dong.??

Tenang saja sobat, saya sudah menemukan solusinya. Anda tinggal klik “add widget” di menu design pada blog anda, kemudian pilih “HTML/ Javascript” kemudian paste code java berikut :


<div id="google_translate_element"></div><script>
function googleTranslateElementInit() {
new google.translate.TranslateElement({
pageLanguage: 'id',
layout: google.translate.TranslateElement.InlineLayout.SIMPLE
}, 'google_translate_element');
}
</script><script src="//translate.google.com/translate_a/element.js?cb=googleTranslateElementInit"></script>

Kemudian pilih “save” dan setelah itu, jangan lupa klik “ lagi di design template Anda. Taruh widget ini dimanapun Anda suka, sesuai dengan template Anda. Dan silahkan cek dengan klik “view blog”. Anda sudah bisa melihat perubahanya kan??


NB : kode di atas bisa Anda aplikasikan juga untuk website Anda yang menggunakan wordpress, joomla atau yang lain

5 komentar:

CIAR said...

Wah thanks sekali informasinya. Dengan begitu blog-blog berbahasa Indonesia bisa dibaca juga oleh mereka yang berbahasa inggris atau bahasa lain ya....

Tips Blogging said...

Tipnya oke bagus banget bro. Tapi kalau blog wordpress gimana ? bisa nggak?

DeWay said...

Thanks infonya. Udh saya coba dan ok.
Sekali lagi terima kasih mau berbagi info

Salam Kenal

Taman Bacaan said...

ada juga kelemahan dari google translate.
untuk ejaan yang benar masih banyak yang salah brother.

be9ino said...

@CIAR : sipp, ya naluri ini muncul setelah melihat counter di sebelah kanan, ada dari LN, pikir ku, apa mereka mengerti tulisanku yha??hihihi
Tips Blogging: kalo wordpress sebenarnya tinggal ke plugin, add new, dikolom search cari google translator. tapi kalo manual ya bisa aja pake ini, pergi ke widget, drag n drop "text" lalu copas code diatas, karena ini hanya bahasa pemrograman web biasa.
@deWay : yups, mari berbbagi ilmu :D
@Taman bacaan : yups, bentull sekali, tapikan orang Bule jadi sedikit mengerti apa tulisan kita. ya kan ;). hehehe

Post a Comment

silahkan isi komentarnya ya..

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Premium Wordpress Themes