Perkembangan zaman memang sudah sangat pesat sekali, terutama barang-barang elektronik. Berkebalikan dnegan harganya yang bisa semakin menurun dengan adanya produk baru dengan jenis yang sama. Dahulu televisi menjadi barang mewah bagi masyarakat Indonesia, sekarang hampir setiap rumah sudah memiliki TV dan banyak juga yang sudah dilengkapi dengan pemutar CD atau VCD. Benda elektronik lain yang persebarannya sangat cepat adalah telepon genggam yang memang lebih simple dibandingkan telepon rumah. Tapi beberapa tahun yang lalu harganya hanya bisa dijangkau oleh bos-bos besar yang memang benar-benar membutuhkan alat komunikasi ini. Tetapi sekarang hampir setiap orang membawa ponsel ini kemana-mana, bahkan anak SD pun tidak sedikit yang menentengnya ke sekolahan, padahal hanya sekedar untuk main game.
Melihat perkembangan persaingan harga telepon genggam yang semakin menggila, pihak-pihak pemberi layanan jasapun tak mau ketinggalan. Semakin banyak tumbuh perusahaan GSM yang ada di Indonesia, belum lagi dari kalangan CDMA. Masyarakatpun tak jarang dibuat bingung dengan adanya penawaran-penawaran “miring” yang entah itu hanya sekedar dalam masa promosi ataupun memang akan dipatenkan untuk GSM tersebut. Tentu saja konsumen juga menggunakan prinsip ekonomi dalam memilih GSM, dengan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Konsumen kemudian membandingkan tarif antar GSM, antar CDMA dan antara GSM dengan CDMA.
Kenyamanan pelayanan juga menajdi salah satu alasan pemilihan vendor telekomunikasi bagi masyarakat, dari ada tidaknya sinyal di daerahnya, kualitas telepon dan fitur lainnya, dan tentu saja layanan bantuan atau pengaduan yang bersahabat dan solutif.
Jika anda ingin membuat perusahaan telekomunikasi baru, maka buatlah yang memenuhi 5AH, yaitu :
- MurAH : tariff yang murah akan sangat menarik konsumen karena konsumen juga pakai prinsip ekonomi lho.., tapi jangan terlalu murah, tar malah ga jadi untung, jadinya buntung deh. Dan inget, murahnya jangan cuman sementara, tetapi sementahun aja.
- MudAH : mudah disini memiliki banyak makna, diantaranya adalah proses registrasi mudah, nyari sinyal mudah, nyari pulsa mudah, nyari bantuan mudah (operator service),
- RamAH : ramah disini mewakili dari sebuah icon pelayanan (service), semakin baik pelayanan anda maka konsumen akan semakin betah menggunakan jasa anda. Pelayanan yang lebih tinggi tingkatannya adalah pelayanan berupa extra menu, 3G, GPRS, MMS, Mobile Banking, dlll yang harus selalu di update dan di inovasi sesuai kebutuhan konsumen dan prosesnya harus mudah
- HadiAH : bah yang paling seneng neh, kalo ada suatu hadiah. Maka konsumen akan semakin betah, lihat aja tuh promosi bank yang hadiahnya bikin ngiler…
- MewAH : disini artinya bukan khusus dipake orang –orang yang MEpet saWAH loh, tapi ketika konsumen pake layanan Anda akan selalu mengatakan “WAH” jadi layanan Anda akan me-WAH kan konsumen. Misal” wah… pake kartu ini gprsnya murah dan cepet, wah… suaranya cling cling kaya lagi omong2an face 3 face, wah…. Bonusnya banyak euy, wah… tarifnya murah… dan wah-wah sebagainya. Ok
--Keluh-kesah dari konsumen GSM--
0 komentar:
Post a Comment
silahkan isi komentarnya ya..